Skip to content

Top 2 Materi TIU CPNS yang Sering Muncul : Rangkuman, Soal dan Pembahasan

  • by

Persiapan menghadapi Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah langkah utama bagi calon peserta CPNS untuk memastikan keberhasilan dalam ujian seleksi. Mungkin banyak sekali materi TIU CPNS yang belum kalian ketahui. Tes ini mencakup berbagai materi, dan beberapa di antaranya memiliki tingkat kemunculan yang tinggi.

Top 2 Materi TIU CPNS yang Sering Muncul : Rangkuman, Soal dan Pembahasan

Mulai dari soal numerik yang fokus pada perhitungan yang rumit. Salah satu contohnya adalah numerik materi aljabar. Tetapi beberapa materi TIU CPNS yang menggunakan kemampuan penalaran logika untuk menyelesaikannya. Beberapa diantaranya yang paling sering muncul, yaitu tes analogi korelasi dan tes verbal analitis. Kedua materi TIU CPNS tersebut yang paling sering muncul 5 tahun terakhir setiap pengujian.

Berikut top 2 materi TIU CPNS yang sering muncul, Yuk simak!

1.Tes Analogi Korelasi

Tes Analogi digunakan untuk menguji kemampuan peserta dalam mengenali hubungan kata yang sesuai dengan pola tertentu. Ini melibatkan identifikasi kesetaraan atau padanan hubungan antar kata dari pasangan kata dalam soal. Hubungan ini bervariasi untuk setiap soal dan perlu dianalisis dengan cermat untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Beberapa jenis hubungan pasangan kata yang umum dinyatakan dengan ” … : … “

Hubungan analogi korelasasi :

  1. Persamaan kata
  2. Lawan kata
  3. Hubungan waktu
  4. Hubungan definisi
  5. Istilah dalam suatu bidang pengetahuan
  6. Sebab dan akibat
  7. Kata benda dan kata sifat
  8. Benda (alat) dan fungsinya
  9. Mata uang dan negara
  10. pengurutan suatu peristiwa

Tips untuk mengerjakan tes analogi melibatkan ke telitian, kecermatan, kecepatan, dan optimalisasi waktu. Latihan soal secara konsisten diperlukan untuk meningkatkan keterampilan menentukan hubungan padanan kata. Disarankan untuk tidak terpaku pada soal yang dianggap sulit dan beralih ke soal lain yang dianggap lebih mudah untuk menghemat waktu. Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang hubungan kata perlu diperluas dengan membaca soal secara teliti.

Contoh Soal Materi TIU CPNS – Tes Analogi Korelasi

1.ES : AIR
A. Didih
B. Uap
C. Cair
D. Sublim
E. Beku
Jawaban: C
Pembahasan: Padanan kata di atas memiliki hubungan “cair”. Es mencair menjadi air.

2. BULAN : BUMI = BUMI : …
A. Tata surya
B. Planet
C. Bintang
D. Matahari
E. Bulan
Jawaban: D
Pembahasan: Padanan kata di atas memiliki hubungan “mengitari”. Bulan mengitari Bumi, Bumi mengitari Matahari.

3. BEBATUAN terhadap GEOLOGI seperti BENIH terhadap …
A. Ilmu pengetahuan
B. Hortikultura
C. Biologi
D. Atom
E. Pupuk
Jawaban: B
Pembahasan: Padanan kata di atas memiliki hubungan “dipelajari pada cabang ilmu”. Bebatuan dipelajari pada cabang ilmu Geologi, Benih dipelajari pada cabang ilmu Hortikultura.

Trik yang dapat membantu dalam mengerjakan tes analogi-materi TIU CPNS melibatkan pemahaman pola hubungan kata, di antaranya memastikan kesetaraan antara ruas kiri dan ruas kanan, mengidentifikasi pola hubungan yang sama antara kata-kata dalam soal dan jawaban, menghindari pola yang terbalik, memperhatikan arah hubungan kata pada soal, dan memperluas hubungan kata dengan menyusunnya menjadi kalimat untuk memastikan kebenaran jawaban.

2. Tes Verbal (Analistis)

Dalam Materi TIU CPNS verbal analistis ini harus menggunakan pemahaman khusus tipe soal ini, peserta diminta untuk memahami cerita singkat dan menerapkan penalaran untuk menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari cerita tersebut. Jawaban pada jenis soal ini biasanya tidak eksplisit dalam cerita, sehingga penalaran harus dilakukan terlebih dahulu untuk menemukan jawaban yang benar.

Tips mengerjakan soal tes verbal analistis:

1.Cermati dan pahami cerita dengan baik.
2.Fokus, konsentrasi, teliti, dan cermat saat menjawab.
3.Beri tanda pada kata kunci dalam cerita.
4.Membuat ilustrasi gambar atau tabel dapat mempermudah pemahaman.
5.Melakukan latihan soal secara rutin.

Contoh Soal Materi TIU CPNS – Tes Verbal Analistis

  1. Hesty, Belly, Penky, dan Melly adalah mahasiswa satu angkatan dari universitas yang sama. Hesty lulus sebelum Belly tetapi sesudah Penky, dan Melly lulus sebelum Hesty. Kesimpulan …

A. Hesty lulus sebelum Penky.
B. Belly lulus paling akhir.
C. Melly lulus paling awal.
D. Penky lulus paling awal.
E. Penky dan Melly lulus pada waktu yang sama.
Jawaban: B
Pembahasan: Dengan menggunakan model urutan, diperoleh urutan seperti berikut: Penky – Hesty – Melly – Belly. Jadi, Belly lulus paling akhir.

  1. Ada lima mahasiswa P, Q, R, S, dan T yang mengikuti sebuah seminar. Mereka berasal dari dua fakultas yang berbeda. Bila mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan, kemungkinan posisi tempat duduk mereka dalam satu deretan adalah …

A. P, S, T, Q, R
B. P, Q, R, S, T
C. T, R, S, P, Q
D. P, R, T, S, Q
E. S, R, P, T, Q
Jawaban: E
Pembahasan: Dengan melihat jawaban yang disediakan, opsi A, B, C, dan D tidak memenuhi syarat mahasiswa dari fakultas yang sama tidak boleh berdekatan, sehingga jawaban yang paling tepat adalah E.

  1. Tabungan Anita lebih banyak daripada jumlah tabungan Betty dan Kiki. Tabungan Betty lebih banyak daripada tabungan Kiki. Tabungan Dian lebih banyak daripada jumlah tabungan Anita, Betty, dan Kiki. Kesimpulan …

A. Tabungan Anita lebih banyak daripada tabungan Dian.
B. Jumlah tabungan Dian dan Kiki sama dengan jumlah tabungan Anita dan Betty.
C. Tabungan Dian merupakan penjumlahan tabungan Anita, Betty, dan Kiki.
D. Yang mempunyai tabungan paling banyak adalah Dian.
E. Kiki mempunyai tabungan paling sedikit.
Jawaban: D
Pembahasan: Dengan menggunakan model urutan, diperoleh urutan tabungan Anita > Betty > Kiki > Dian. Jadi, yang mempunyai tabungan paling banyak adalah Dian.

Trik mengerjakan soal, pelajari model penalaran analitis, seperti model perbandingan, model urutan, model hubungan antarsyarat, dan model kombinasi. Memperhatikan hubungan urutan dan mencermati pilihan jawaban yang disediakan, karena terkadang jawaban dapat ditemukan langsung dari opsi yang tersedia.

Untuk membuat proses belajar kamu semakin lancar cobalah melakukan bimbel ditempat terpercaya. Dijamin kamu akan belajar memahami materi TIU CPNS dengan baik. Tentunya kemampuan kamu akan diasah secara bertahap sampaimenuju hasil yang sempurna. Salah satu rekomendasi bimbel cpns terbaik dengan tutor profesional adalah Akademi CPNS.

Bimbingan belajar menggunakan Akademi CPNS yang terpercaya dan akurat menjadi langkah utama calon peserta CPNS untuk memastikan keberhasilan dalam ujian seleksi, terutama pada Tes Intelegensi Umum (TIU). Dengan bimbingan belajar, kamu tidak perlu kebingungan dan jenuh untuk mengahadpi tes seleksi. Persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai materi TIU CPNS sangat penting, mengingat tes ini mencakup materi yang beragam, termasuk soal numerik dan tes penalaran logika seperti tes analogi korelasi dan tes verbal analitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *