Skip to content

Catat! Penyebab Gagal Seleksi Administrasi CPNS

  • by

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan profesi yang sangat diminati masyarakat Indonesia saat ini. Untuk bisa menjadi PNS tentunya harus mengikuti serangkaian tes seleksi masuk CPNS. Seleksi CPNS dilakukan secara berkala, biasanya pada tahap awal sudah mengalami kegagalan. Tahap awal adalah seleksi administrasi CPNS yang digunakan untuk melengkapi berkas persyaratan. Apa penyebab gagal seleksi administrasi CPNS?

Catat! Penyebab Gagal Seleksi Administrasi CPNS

Seleksi Administrasi CPNS merupakan tahap awal yang sangat penting dalam proses penerimaan calon pegawai negeri sipil di Indonesia. Beberapa faktor yang sering menyebabkan kegagalan dalam seleksi administrasi CPNS meliputi kurangnya pemahaman terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, kurangnya persiapan dalam pengumpulan dokumen menjadi penyebab kegagalan. Hal-hal tersebut menekankan pentingnya bagi para calon peserta untuk memperhatikan secara seksama cara daftar dan setiap tahapan seleksi CPNS guna meminimalisir risiko gagal dalam mencapai tujuan mereka.

Berikut ini Penyebab Gagal Seleksi Administrasi CPNS :

1. Usia Tidak Memenuhi Syarat

Salah satu faktor utama yang bisa menjadi penyebab gagal seleksi CPNS adalah usia yang tidak memenuhi persyaratan. Jika usia pelamar berada di luar rentang yang ditentukan, seperti di bawah 18 tahun atau lebih dari 35 tahun (kecuali untuk posisi dokter dan dokter gigi yang maksimal 40 tahun), maka dia akan langsung dinyatakan tidak lolos.

2. Pernah Diberhentikan secara Tidak Hormat

Jika seorang pelamar pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari jabatan sebelumnya, entah itu sebagai PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI, maka dia akan dianggap tidak memenuhi syarat dan tidak akan lolos seleksi. Jadi kamu harus mengetahui dengan cermat persyaratan yang ditentukan.

3. Pernah Dipidana atau Mantan Narapidana

Penyebab gagal seleksi administrasi CPNS, pernah melakukan tindak kriminal yang akhirnya menjadi narapidana. Jika seorang pelamar pernah dipidana dengan pidana penjara selama 2 tahun atau lebih, maka hal tersebut bisa membuatnya tidak memenuhi syarat integritas yang diperlukan untuk menjadi seorang PNS. Akibatnya, dia akan dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.

4. Status Kedudukan Sebagai CPNS atau PNS

Pelamar yang masih berkedudukan sebagai CPNS atau PNS di instansi pemerintah tidak dapat mendaftar sebagai CPNS di instansi lain. Hal ini bisa menjadi penyebab gagal seleksi administrasi CPNS. Sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya mengundurkan diri terlebih dahulu. Kegagalan untuk memenuhi persyaratan ini dapat membuatnya tidak lolos seleksi.

5. Tidak Menenuhi Persyaratan Pendidikan

Persyaratan pendidikan sangat penting untuk seleksi CPNS. Pendidikan yang tidak sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar juga bisa menjadi penyebab gagal seleksi administrasi CPNS. Jadi, sebelum mendaftar kamu perlu mencari tahu lebih dalam tentang instansi yang kamu inginkan.

6. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan yang stabil sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang PNS. Jadi, pelamar yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan jasmani dan rohani tidak akan lolos seleksi administrasi CPNS. Untuk mendaftar CPNS upayakan kamu dalam keadaan sehat.

7. Tidak Bersedia Ditempatkan di Seluruh Wilayah NKRI

Penyebab gagal seleksi administrasi CPNS satu ini adalah tidak bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia. Pendaftar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI yang ditentukan oleh instansi pemerintah. Jika pelamar memiliki batasan lokasi penempatan, maka bisa dinyatakan tidak lolos.

8. Tidak Menyertakan Berkas yang Lengkap dan Tepat

Kesalahan administratif, seperti tidak menyertakan berkas yang lengkap dan tepat. Hal seperti ini juga dapat menyebabkan seseorang gagal dalam seleksi administrasi CPNS. Pastikan semua berkas disiapkan dengan cermat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Persiapkan jauh jauh hari untuk melengkapi persyaratan seleksi CPNS.

Demikian penyebab gagal seleksi administrasi CPNS yang wajib kamu ketahui. Setelah berbagai berkas dan seleksi administrasi CPNS sudal lolos, maka kamu harus mempersiapkan untuk berbagai macam tes CPNS. Perisiapkan diri untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang. Mengingat pendaftaran beberapa formasi CPNS sudah dibuka, kmu perlu belajar dengan giat.

Solusi terbaik untuk membantu belajar kamu dengan mengikuti bimbingan belajar yang memiliki program karantina atau menginap. Sehingga proses belajar dilakukan secara fulltime dan dijadwalkan dengan kegiatan positif yang lain. Bimbel yang kami tawarkan merupakan bimbel terpercaya dan berpengalaman yaitu Akademi CPNS. Dengan bimbel ini kamu dapat memilih program belajar yang sesuai dengan selera belajar kamu. Program belajar yang disediakan didampingi oleh pengajardan mentor yang profesional dan berprestasi. Semua layanan dan fasilitas disusun dengan baik untuk menunjang proses belajar peserta. Mengingat kuota bimbel yang terbatas, ayo daftarkan diri sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *